Pages

Tuesday, November 23, 2010

Teknologi Informasi Mempengaruhi Eksistensi Band Indie

MARCH BERGERILYA DENGAN MEDIA ONLINE


Teknologi yang semakin maju dari zaman ke zaman, baik berupa teknologi industri, tekstil, informasi, dan lain – lain, memiliki tujuan untuk mempermudah kegiatan manusia dalam melaksanakan seluruh aktivitasnya. Tidak terkecuali salah satu band indie yang sedang naik daun, yakni band March. Band yang berdiri pada tanggal 19 Juni 2005 ini sering mengganti personel dan formasinya di dalam band. Mereka mengakui hal tersebut sering terjadi karena sering terjadi ketidakcocokan ketika bekerja sama membuat album, dan lain – lain. Namun, akhirnya mereka menemukan formasi dengan personel yang pas untuk membuat album berikutnya yang terdiri dari empat orang como, yakni Kemal Fady Alkatiri (Vocal), Arya ‘Lale’ Aditya Ramadhya (Guitar), Rachadian Ramadan (Guitar) dan Erixon Sihite (Drum).

Band yang memilih aliran musik Trash Metal ini telah meluncurkan album yang berjudul Polymath. Di dalam album ini terdapat 11 lagu. Dua lagu diantaranya adalah lagu instrumental dan sembilan lagu lainnya adalah lagu full band. Single yang kali ini menjadi andalan mereka adalah Teori Konspirasi dan Merasuki Akal. Kedua lagu ini sangat cepat membawa perhatian masyarakat pecinta musik metal karena alunan melodinya yang ditampilkan sangat memuaskan dan menarik.

Namun, band ini tidak menutupi kesulitannya ketika menghadapi pasaran musik negeri maupun dunia. Mereka mengatakan bahwa industri musik zaman sekarang terlalu stereotip. Jika dilihat dari tangga lagu yang sering diadakan oleh acara musik di media, rata – rata merupakan musik aliran pop, sedangkan musik aliran keras seperti metal yang dibawa oleh band March mengalami kesulitan untuk bersaing dengan band – band aliran tersebut.

Walaupun begitu, band March tidak menyerah begitu saja dalam melakukan persaingan di duni musik. Dengan teknologi informasi yang semakin maju dari zaman ke zaman, band March ini membawa lagu – lagu mereka agar dikenal oleh masyarakat luas. Teknologi yang menjadi andalan band – band dalam promosi adalah teknologi media, khususnya media on line. March membuat video clip Teori Konspirasi yang bisa kita download di myspace maupun di youtube. Selain itu, band indie March ini menggunakan social network yang sedang hangat digunakan masyarakat, baik dalam negeri maupun luar negeri, yakni facebook sebagai tempat untuk mempromosikan album terbarunya, waktu dan tempat band tersebut akan manggung, dan lain – lain. Media elektronik seperti media televisi dan media radio juga dimanfaatkan band – band indie, termasuk band March untuk memperkenalkan band dan albumnya juga terhadap khalayak dengan menggunakan media yang berbeda. Dengan demikian, dalam masalah sulitnya mempromosikan album dan memperkenalkan band menjadi berkurang. Lagu – lagu yang diputar di media radio biasanya lebih mengundang pendengar untuk lebih mengenal band tersebut lebih dalam karena yang menjadi dasar untuk mengenal band itu adalah kualitas dari lagu yang dibawakan band tersebut.

Oleh : Selly Astari Octaviani

No comments:

Post a Comment